Kamis, 17 Januari 2019

Bedanya Investasi Apartemen dan Kontrakan

Punya dana lebih? Lakukan investasi properti saja! Yang jadi pertanyaan, lebih untung investasi apartemen atau kontrakan ya? Apa perbedaan antara keduanya?

Sebenarnya, melakukan investasi kontrakan atau apartemen sama-sama menguntungkan. Keduanya akan mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan dari tahun ke tahun sehingga keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.

Namun, bukan berarti harga properti tidak bisa turun. Penurunan harga properti terjadi jika ada beberapa penyebab. Misalnya terjadi bencana alam seperti banjir atau tanah longsor.

Sebelum memutuskan untuk memilih investasi kontrakan rumah atau apartemen, mari kita bahas perbedaan antara keduanya.


Investasi Rumah Kontrakan

Ketika Anda memilih melakukan investasi rumah, anggap saja harga rumah adalah Rp. 500 juta. Kemudian, dua tahun berikutnya harganya naik sebesar Rp. 50 juta. Maka harga jual rumah menjadi Rp. 550 juta. Hasil laba penjualan ini akan menjadi investasi Anda.

Namun, jika rumah dikontrakkan, maka nilai investasi akan semakin banyak karena setiap bulannya bisa menghasilkan uang. Uang sewa bulanan dari penyewa akan diterima oleh pemilih properti.

Berikut kelebihan dan kerugian melakukan investasi rumah

1. Kelebihan:
  • Mudah dijual
  • Mudah dijadikan jaminan agunan kredit bank 
  • Harga sewa tinggi 
  • Tingkat kenaikan harga lebih banyak dibandingkan apartemen 
2. Kekurangan:
  • Ada penyusutan bangunan sebanyak 10% tiap tahun. Anda harus melakukan renovasi.
  • Ada biaya lingkungan untuk keamanan dan kebersihan 
  • Butuh ikut asuransi kebakaran 
  • Agar rumah tetap terjaga baik, perlu penyewa yang bertanggung jawab 


Investasi Apartemen

Kemudian, jika Anda membeli apartemen, nilai investasinya tidak jauh berbeda ketika Anda memilih investasi rumah kontrakan. Anda akan mendapatkan uang setiap bulannya dari sang penyewa.

Kita ambil contoh, Anda membeli apartemen seharga Rp. 350 juta. Dalam waktu satu bulan, uang sewa yang dibebankan kepada penyewa adalah Rp. 1.500.000. Lalu, jika dikalikan 12 bulan hasilnya adalah Rp. 18 juta.

Dalam menentukan harga sewa apartemen, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti fasilitas yang diberikan. Secara mudahnya, Anda bisa mengikuti tarif harga pasaran di kawasan tersebut yang memiliki fasilitas sama.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan melakukan investasi apartemen:

1. Kelebihan
  • Harga bisa disesuaikan dengan tipe apartemen
  • Fasilitas lengkap 
  • Harga sewa lebih tinggi dibandingkan rumah kontrakan 
2. Kekurangan
  • Ada biaya rutin seperti listrik dan perawatan lain dalam jumlah lebih tinggi
  • Jika digunakan sebagai agunan, nilainya lebih rendah ketimbang rumah 
  • Tidak ada hak guna bangunan 
  • Ukuran lebih kecil daripada rumah 
  • Tidak bisa melakukan renovasi sembarangan 
Dari keduanya, baik investasi kontrakan dan apartemen sama-sama akan mendapatkan uang bulanan jika disewakan kepada orang lain. Masing-masing juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Silahkan tentukan sesuai dengan kebutuhan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Akan Melakukan Investasi Properti

Saat memutuskan akan melakukan investasi baik apartemen ataupun kontrakan, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Dokumen kepemilikan jelas

Sebelum melakukan transaksi jual beli, pastikan Anda memerikan kelengkapan dokumen yang dimiliki. Anda juga perlu mengecek keaslian dokumen tersebut supaya tidak mendapatkan masalah di kemudian hari.

2. Lokasi strategis

Pilihlah lokasi kontrakan ataupun perumahan yang strategis. Meskipun harganya jauh lebih mahal dibandingkan lokasi lainnya, namun hal ini akan memberikan Anda keuntungan. Jika akan disewakan, penyewa lebih memilih hunian yang berada di daerah strategis dibandingkan di pinggiran kota.

3. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Pastikan Anda melakukan perawatan terhadap rumah ataupun apartemen. Jika kondisinya terawat, maka penyewa akan merasa nyaman tinggal di sana sehingga berpengaruh terhadap harga sewa. Jika kondisinya kurang terawat, harga sewa akan menjadi lebih rendah.

Baik investasi apartemen maupun kontrakan sama-sama menguntungkan. Jika disewakan, si pemilik akan mendapatkan uang investasi secara bulanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar